DERET FIBONACCI

Diantara kalian pasti pernah pernah mendengar apa itu deret Fibonacci dan siapa penemunya??. Deret Fibonacci merupakan suatu deret bilangan 1, 1, 2, 3, 5, 8, 13, 21, 34, 59, 89,…. Penemu Deret Fibonacci adalah Leonardo dari Pisa pada tahun 1202. Fibonacci merupakan nama panggilan Leonardo yang berarti putra dari Bonaccio. Fibonacci mengaitkan bilangan dengan masalah kelinci.

Kelinci Fibonacci merupakan makhluk abadi, selalu berpasangan, melahirkan sekali setiap bulan, dan yang lahir selalu satu jantan dan satu betina. Pada awalnya ada satu pasang kelinci yang belum dewasa dan menjadi dewasa dalam satu bulan. Pada bulan berikutnya mereka melahirkan sepasang kelinci belum dewasa dan setelah dewasa  dalam satu bulan melahirkan satu pasang kelinci  belum dewasa dan seterusnya. Setiap pasangan yang dewasa melahirkan satu pasang kelinci belum dewasa setiap bulan dan setiap pasangan yang belum dewasa diperlukan waktu satu bulan untuk menjadi dewasa. Peristiwa tersebut dapat digambarkan dalam tabel berikut :

Bulan

Belum Dewasa

Dewasa

Total

1

1

0

1

2

0

1

1

3

1

1

2

4

1

2

3

5

2

3

5

6

3

5

8

7

5

8

13

8

8

13

21

9

13

21

34

Perhatikan baris terakhir! Totalnya 34 yang diperoleh dari menjumlahkan 13 dan 21 pada baris yang sama. Tetapi 21 adalh total pada baris sebelumnya dan 13 muncul sebagai total pada baris sebelumnya lagi. Dengan kata lain :

    Total bulan ini sama dengan jumlah total bulan lalu dan total bulan sebelumnya.

 

 

Aturan ini disebut deret fibonacci.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s