BAHAYA ROKOK BAGI KESEHATAN

Apakah Anda tahu apakah rokok itu berbahaya? Jawabannya ya. Rokok itu  berbahaya bagi kesehatan kita karena orang yang merokok berpeluang besar bisa menyebabkan kanker paru – paru, emfisema, dan bronkitis. Selain itu merokok dapat menyebabkan penyakit saluran pernapasan kronis, kadang – kadang dikaitkan dengan hilangnya nafsu makan, rasa mual, nafas pendek, ketidakteraturan detak jantung dan bahkan menyebabkan kematian. Karena di dalam asap rokok terdapat tiga bahan utamayang paling berbahaya bagi kesehatan yaitu nikotin, karbon monoksida, dan tar.

Nikotin merupakan suatu cairan bening yang menjadi kecokelatan jika terpapar udara. Kalau dalam jumlah sedikit nikotin mempunyai pengaruh menenangkan tetapi efeknya tidak menyebabkan radang saluran pernafasan. Kalau penggunaan nikotin dalam jumlah yang besar efeknya sangat berbahaya, misalnya penggunaan 20-50 mg nikotin dapat menyebabkan pernafasan terhenti. Pengaruh yang lain misalnya dapat menaikkan tekanan darah, mempercepat denyut jantung, dan menyebabkan ketagihan.

Karbon monoksida merupakan suatu gas beracun tetapi tidak berbau. Asap rokok mengandung CO dengan konsentrasi  lebih dari 20.000 ppm.  CO memiliki daya ikat terhadap hemoglobin sebesar 200 kali lebih tinggi  daripada afinitas oksigen terhadap hemoglobin. Ini berakibat jika manusia menghirup udara yang mengandung CO dengan konsentrasi tinggi akan menyebabkan darah kekurangan oksigen bahkan kehabisan oksigen dan pada akhirnya menyebabkan kematian karena darah hanya mengikat CO dalam bentuk COHb. Dan efek selanjutnya jaringan pembuluh darah menyempit dan mengeras dan terjadi penyumbatan pembuluh darah. Jika CO digabung dengan nikotin dapat mengakibatkan para perokok menderita penyakit penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah.

Keseimbangan COHb di dalam darah seorang perokok dapat dilihat pada tabel berikut ini:

N0

Kategori Perokok

% Keseimbangan COHB dalam Darah

1

Tidak pernah merokok

1,2

2

Bekas perokok

1,4

3

Perokok dengan pipa

1,8

4

Perokok ringan (1/2 bungkus per hari)

2,6

5

Perokok sedang (1-2 bungkus per hari)

4,2

6

Perokok berat (>2 bungkus per hari)

7,4

TAR merupakan komponen sisa dari asap rokok sesudah nikotin dan tetesan tetesan cairannya dihilangkan. Satu batang rokok menghasilkan 10-30 mg tar. Tar dapat menyebabkan risiko terhadap timbulnya kanker.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s