MENGENAL KOTA JAKARTA

MONAS (MONUMEN NASIONAL)

Monumen Nasional  lebih populer di singkat  MONAS. Monas terletak tepat di tengah Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat. MONAS merupakan monumen peringatan dengan tinggi sekitar 132 meter (433 kaki). Tujuan didirikan monas adalah untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk berjuang merebut kemerdekaan dari pemerintahan kononial Hindia Belanda. Monas dibangun pada tanggal 17 Agustus 1961 Di bawah perintah Presiden Soekarno dan dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975. Monumen ini berisi mahkota lidah api yang dilapisikan  lembaran emas yang melambangkan semangat perjuangan yang menyala-nyala seperti api. Penamaan Monas mengalami lima kali pergantian nama yaitu Lapangan Gambir, Lapangan Ikada, Lapangan Merdeka, Lapangan Monas dan Taman Monas.

Di bagian puncak monas pengunjung dapat menikmati panorama Jakarta setinggi sekitar 114 meter. Untuk bisa masuk sampai ke puncak  berukuran 11 x 11 meter dengan ketinggian sekitar 114 meter dari permukaan tanah di sana terdapat sebuah liff pada pintu sisi selatan dengan kapasitas 10 – 11 orang. Di puncak monas dapat menampung sekitar 50 orang. Di sana terdapat teropong untuk melihat panorama Jakarta lebih dekat.

Di puncak monas terdapat cawan yang menopang nyala obor perunggu dengan berat sekitar 14,5 ton dan di lapisi emas seberat 35 kilogram. Lidah api memiliki tinggi 14 meter daan berdiameter 6 meter yang terdiri dari 77 bagian yang disatukan yang melambangkan semangat perjuangan yang menyala-nyala seperti api. Awalnya nyala api  ini dilapisi lembaran emas seberat 35 kilogram. Namun untuk menyambut perayaan 50 tahun kemerdekaan RI pada tahun 1995 dilapis ulang sehingga menjadi 50 kilogram. Puncak tugu berupa “Api Nan Tak Kunjung Padam” yang bermakna agar Bangsa Indonesia senantiasa memiliki semangat yang menyala-nyala dalam berjuang dan tidak pernah surut atau padam sepanjang masa. Pelataran cawan dapat dicapai melalui liff ketika turun dari pelataran puncak atau melalui tangga mencapai dasar cawan. Tinggi pelataran cawan dari dasar adalah sekitar 17 meter sedangkan rentang tinggi antara ruang museum sejarah ke dasar cawan adalah 8 m (3 meter dibawah tanah ditambah 5 meter tangga menuju dasar cawan). Luas pelataran yang berbentuk bujur sangkar, berukuran 45 x 45 meter. Sebanyak 38 kg emas pada obor monas tersebut merupakan sumbangan dari salah satu orang terkaya di Indonesia dari Aceh yang bernama Teuku Markam.

DUNIA FANTASI (DUFAN)

Dunia fantasi  lebih populer di singkat DUFAN. Dufan terletak di kompleks Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara Indonesia yang diresmikan pada tanggal 29 Agustus 1985. Karakter Dufan adalah kera karena untuk mengingatkan bahwa Ancol dahulu adalah kawasan kera. Pemilihan kera bekantan adalah untuk mengenalkan jenis satwa langka yang dilindungi. Luas Dufan mencapai 9,5 hektar.

Permainan yang terdapat di Dufan adalah

  • Kereta Luncur Niagara gara

Wahana ini berisi berbentuk perahu yang berbentuk balok kayu  yang meluncur dari ketinggian sekitar 30 meter mengikuti arus air dan terjun seolah – olah mencebur mengikuti air terjun seperti sungai – sungai di Amerika.

  • Istana Boneka

Di istana ini terdapat sekitar 600 boneka animatronik. Wahana ini merupakan bangunan tertutup yang di dalamnya berisi penyejuk ruangan.

  • Rumah Miring Rango Rango

Wahana ini berbentuk seperti rumah dengan posisi di dalamnya miring. Rumah ini terbuat dari  kayu bergaya country, pengunjung akan menikmati pengalaman aneh, seolah-olah kehilangan orientasi gravitasi.

  • Rumah Jail

Wahana ini berbentuk seperti rumah yang di dalamnya terdapat lorong – lorong kaca sepanjang 90 meter. Apabila kita salah memasuki lorong tersebut kita akan berbenturan dengan kaca. Lorong tersebut  seakan tak ada dimensi ruang. Apabila kita berhasil melewati rintangan itu maka kita bisa keluar dari rumah tersebut.

  • Tornado

Wahana ini mulai dioperasikan pada tanggal 10 Juni 2007 yang diresmikan  oleh Gubernur Jakarta yaitu Sutiyoso. Wahana ini sangat memacu adrenalin dan menyenangkan karena cara pengoperasiannya yaitu saat mulai kita langsung naik ke atas lalu kita dijungkir balikkan dan waktu kita di turunkan juga dijungkir balikkan.

  • Halilintar

Wahana ini mulai dioperasikan pada tahun 1987. Dimana satu rangkaian kereta berisi 24 orang.

  • Arum Jeram
  • Histeria

Histeria merupakan menara setinggi 56 meter. Wahana ini memacu adrenalin kita karena kita ditembakkan ke atas dengan kecepatan mencapai 4G dan kemudian dijatuhkan dengan kapasitas minus 1G. Satu menara memiliki kapasitas 12 tempat duduk . Di Dufan terdapat dua menara histeria.

  • Kincir Angin

Wahana ini berbentuk kincir angin raksasa yang memutar penumpang ke segala arah.

  • Tembak Jitu

Arena tembak jitu akan membawa pengunjung  kea lam Wild West dengan ketangkasn menembak akan diuji dengan sasaran tembak 100 boneka animatronik.

  • Pelangi/bianglala

Wahana ini berbentuk seperti kincir setinggi 33 meter. Apabila kita berada pada bagian atas kincir kita akan melihat cakrawala laut serta bangunan – bangunan di Dunia Fantasi.

  • Kora Kora

Wahana ini berbentuk kapal besar yang berayun hampir 90 derajat. Sensasi yang diberikan pada wahana ini adalah kegerian pada saat berada dipuncak ketinggian dan pada saat berayun turun.

  • Alap – alap
  • Dan masih banyak lagi wahana yang lainnya.

TAMAN MINI INDONESIA INDAH (TMII)

TMII merupakan suatu taman wisata budaya Indonesia yang merupakan miniatur   kepulauan Indonesia yang luasnya sekitar 150 hektar. TMII terletak di kawasan Jakarta Timur. Di sana terdapat anjungan daerah , aneka busana, tarian dan tradisi daerah. Di sana juga terdapat kereta gantung (gondola), berbagai museum, teater  Keong Mas dan teater Tanah Airku. TMII di bangun pada tahun 1972 dan di resmikan pada tanggal 20 April 1975.

Adapun nama rumah adat daerah di Indonesia yaitu:

NO

NAMA PROVINSI

NAMA RUMAH ADAT
1 Jambi Rumah Bubungan Lima

2

Bengkulu Rakyat

3

Sumatra Selatan Sesat/Limas

4

Riau Limas/Rakit

5

Sumatra Barat Gadang

6

Sumatra Utara Bolon

7

Nanggroe Aceh Darussalam Krong Bade
8 Kalimantan Barat Betang/Panjang

9

Kalimantan Selatan Banjar

10

Kalimantan Timur Lamin

11

Maluku Bailelo

12

Kalimantan Tengah Betang/Panjang

13

Sulawesi Utara Bolaang Mongondow

14

Sulawesi Tengah Souraja

15

Papua dan Papua Barat Honai

16

Sulawesi Tenggara Laikas/Istana Buton

17

Sulawesi Selatan Tongkonan/Panggung

18

NTT Musalaki/Lopo

19

NTB Dalam Loka

20

Bali Gapura Candi Bentar

21

Jawa Timur Joglo

22

Daerah Istimewa Yogyakarta Bangsal  Kencono

23

Jawa Tengah Joglo

24

Jawa Barat Keraton Kesepuhan Cirebon
25 Lampung Sesat

26

Daerah Khusus Ibukota Jakarta Kebaya
27 Sulawesi Barat Gadang/Bagonjol

28

Kepulauan Riau Limas/Rakit

29

Gorontalo Balla Lompoa

30

Maluku Utara Bailelo

31

Banten Kebaya

32

Bangka Belitung

33

Timor Leste (bekas Timor Timur)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s