PEMANFAATAN MS-ECXEL UNTUK MEMBUAT GRAFIK MATEMATIKA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

PENDAHULUAN

 

Kalau kita berbicara tentang pelajaran MATEMATIKA tentu semua orang menganggap bahwa matematika itu menakutkan bahkan menyeramkan. Karena Pelajaran Matematika dijadikan tolak ukur dalam Ujian Nasional. Dimana banyak orang yang tidak lulus karena matematika. Dalam buku yang saya baca terdapat kata Apakah matematika itu? Sesuatu yang di kerjakan oleh ahli matematika? Kemudian muncul pertanyaan Siapakah itu ahli matematika? Seorang yang mengerjakan matematika. Jawaban itu terlalu sederhana, terlalu mudah dan menciptakan logika berputar.

Matematika berasal dari bahasa latin manthanein atau mathema yang berarti belajar atau hal yang dipelajari. Matematika dalam bahasa Belanda disebut wiskunde atau ilmu pasti, yang kesemuanya berkaitan dengan penalaran. Ciri utama matematika adalah penalaran deduktif, penalaran deduktif merupakan suatu kebenaran suatu konsep atau pernyataan diperoleh sebagai akibat logis dari kebenaran sebelumnya sehingga kaitan antar konsep atau pernyataan dalam matematika bersifat konsisten.

Matematika berfungsi untuk mengembangkan kemampuan menghitung, mengukur, menurunkan dan menggunakan rumus matematika yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari melalui materi pengukuran dan geometri, aljabar, peluang dan statistika, kalkulus dan trigonometri. Matematika juga berfungsi mengembangkan kemampuan mengkomunikasikan gagasan melalui model matematika yang dapat berupa kalimat dan persamaan matematika, diagram, grafik atau tabel.

Dalam pelajaran matematika terdapat materi tentang membuat  persamaan kuadrat, persamaan linear, trigonometri. Terkadang kita sulit untuk membuat grafik matematika. Ternyata Microsoft Excel  dapat dipakai untuk menggambar grafik. Disini terdapat pedoman cara membuat grafik matematika dalam bentuk microsoft excel. Mau tahu nggak gimana caranya???.

1.         Grafik Fungsi Linear

Caranya adalah:

  • Klik menu Start –> All Programs –> Microsoft Office –> Microsoft Office Excel. Kemudian akan tampil tampilan seperti berikut ini:

  • Kemudian tulislah pada cell D1 ketik judul misalnya ”Grafik Fungsi Linear” dengan font Times New Roman 16.
  • Pada cell A2 diberikan label x sebagai kolom domain dan pada cell B2 diberikan label y sebagai kolom nilai fungsi. Pada cell D2 diberikan label m, dan pada cell F2 diisi label c
  • Misalkan diambil nilai m = 1 dan c = 2 dan ditulis pada cell D4 dan F4.
  • Dan misalkan diambil nilai x dari -10 sampai 10 dan mengisinya dari cell A4 sampai A24. Pada cell B4 gunakan rumus D$4*A4+F$4 sehingga di dapat nilai -8. Kemudian copy sampai cell B24.
  • Blok cell A4 sampai cell B24 kemudian klik Insert –> Chart –> XY Scatter –> dst. –> OK. Seperti ditampilkan dibawah ini:

  • Kemudian akan diperoleh hasil seperti dibawah ini:

  • Kemudian klik View –> Toolbar –> Forms –> Scroll Bar, kemudian klik kiri sambil ditahan pada lokasi yang diinginkan sambil digerakkan hingga membentuk kotak kemudian lepaskan. Klik kanan pada Scroll Bar yang sudah dibuat dan pilih Format Controll. Kemudian akan tampil seperti berikut ini:
  • Kemudian kolom Cell Link diisi C4 dan pada cell F4 diisi formula  (E4-100)/10. Kemudian modifikasi tampilannya dengan  cara  melakukan  klik  kanan  pada  obyek  yang diinginkan  dan  selanjutnya  dipilih  option  yang  diinginkan.  Di  sini  daerah  nilai fungsi  (sumbu  y)  pada  grafik  dibatasi  dari  –15  sampai  dengan  15  (skala  dibuat sama   dengan   sumbu   x)   dan   dibuat   tampilan   grid. Kemudian diperoleh hasil seperti dibawah  ini:

Dengan cara yang sama dapat pula digambar Sistem Persamaan Linear dengan 2 persamaan untuk mencari himpunan penyelesaian seperti berikut ini:

2.             Grafik Persamaan Garis Lurus

 

Dengan cara yang sama grafik persamaaan garis lurus dapat digambar seperti:

  • Grafik persamaan garis lurus dengan gradien tertentu
  • Grafik persamaan 2 garis lurus yang melalui titik O(0,0)
  • Grafik persamaan 2 garis lurus yang melalui titik sembarang

 

3.         Grafik Fungsi Kuadrat dan Parabola

Dengan cara yang sama seperti Grafik fungsi linear dapat dikembangkan menjadi grafik fungsi kuadrat dan parabola seperti dibawah ini:

  • Grafik persamaan kuadrat yang terbuka ke bawah
  • Grafik persamaan kuadrat yang terbuka ke atas
  • Grafik Parabola

4.            Grafik Fungsi Trigonometri

 

Dengan cara yang sama grafik fungsi trigonometri misalnya dengan rumus

a cos x, a sin x,dan a sin x b cos x dapat digambar sebagai berikut:

5.         GRAFIK FUNGSI MATRIKS TRANSFORMASI

Demiakianlah artikel ini saya buat semoga bermanfaat khususnya dalam pembelajaran matematika agar dalam pembuatan grafik tidak mengalami kesulitan.

3 thoughts on “PEMANFAATAN MS-ECXEL UNTUK MEMBUAT GRAFIK MATEMATIKA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s